Rabu, 01 Oktober 2014

Kota Manis Pangkalan Bun

        

              Pangkalan Bun adalah ibu kota dari kabupaten kota waringin barat provinsi kalimantan tengah pangkalanbun merupakan bagian dari kecamatan Arut Selatan dan aglomerasi dari beberapa wilayah kelurahan .dalam sejarahnya pada mulanya pangkalan bun dikenal sebagai Pangkalanbuun,dan   merupakan pelabuhan ,ditepi sungai buun . Kota ini merupakan tempat kedudukan raja /pangeran Kerajaan Kotawaringin ,setelah istana di Kota Waringin lama ditinggalkan pada tahun 1841.dan pindah ke pangkalan bun. Istana di Pangkalan bun biasa di kenal sebagai Istana kuning.

          kebudayaan di Pangkalan bun sangat beragam , diantaranya adalah seni tari        BAGONDANG,adalah tarian adat yang digunakan untuk menyabut tamu-tamu kehormatan ,dan juga Tarian "MANUNGGAL " juga merupakan tarian yang berasal dari pedalaman yaitu tarian yang menggambarkan menanam padi secara bergotong royong .selain dari tarian juga terdapat makanan khas dari kotawaringin barat , yaitu soto manggala.pada umumnya soto ini sama seperti soto lain .tapi yang menjadi ciri khas dari soto ini yaitu pemakaian ubi kayu sebagai pengganti nasi .masyarakat kota waringin barat menyebut ubi kayu   dengan nama manggala .
          Selain dari kebudayaan tadi kotawaringin barat atau pangkalan bun juga memiliki tempat wisata yang menarik salah satunya ialah  Taman Nasional Tanjung Puting.taman tersebut adalah pusat rehabilitasi orang utan kalimantan yang terletak di semenanjung barat daya.Taman Nasional Tanjung Puting ditetapkan UNESCO sebagai cagar Biosfir pada tahun 1977

Tidak ada komentar:

Posting Komentar